EDUKASI REMBUK WARGA KEGIATAN PADAT KARYA PERKOTAAN TAHUN ANGGARAN 2018

EDUKASI REMBUK WARGA KEGIATAN PADAT KARYA PERKOTAAN TAHUN ANGGARAN 2018

Edukasi Rmbuk Warga Kegiatan Padat Karya Perkotaan tentang  Budi Daya Ikan Lele yang diadakan Dinas Tenaga Kerja Kota Depok  bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam  memanfaatkan dan mengolah sumber daya alam yang ada di daerah tersebut menjadi suatu kegiatan yang produktif serta menghasilkan yang pada akhirnya masyarakat mampu mengolah sumber daya alam tersebut menjadi sumber mata pencaharian yang berkesinambungan.
Membuka lapangan kerja baru bagi masyarkat dengan mempekerjakan masyarakat setempat yang pada akhirnya dapat mengurangi penganggur maupun setengan pengagur
Kegiatan Padat Karya Produktif untuk Tahun Anggaran 2018 berupa pembudidayaan ikan lele melalui pembuatan Kolam. Adapun peserta dari Kegiatan padat Karya ini  dengan kriteria Jumlah pengangguran & setengah pengangguran  yg tinggi Kemiskinan,   Pendayagunaan penganggur & ½ penganggur.

Budidaya ikan lele, baik dalam bentuk pembenihan maupun pembesaran mempunyai prospek yang cukup baik. Permintaan konsumen akan keberadaan ikan lele semakin meningkat. Dengan teknik pemeliharaan yang baik, maka akan diperoleh hasil budidaya yang memuaskan dan diminati konsumen.

Budidaya lele dapat dilakukan di kolam tanah, bak permanent maupun bak plastik. Usahakan air dapat mengalir mengalir. Sumber air dapat berasal dari air sungai mapun air sumur. Suhu air yang ideal untuk pertumbuhan ikan lele berkisar antara 22-32°C. Suhu air mempengaruhi laju pertumbuhan, laju metabolisme ikan dan napsu makan ikan serta kelarutan oksigen dalam air. Bentuk kolam yang ideal untuk pemeliharaan ikan lele adalah empat persegi panjang dengan ukuran sesuai dengan lokasi. Kedalaman kolam berkisar antara 1,0-1,5 m dengan kemiringan kolam dari pemasukan air ke pembuangan 0,4%. Saringan dapat dipasang pada pintu pemasukan dan pengeluaran agar ikan-ikan jangan ada yang lolos keluar/masuk.

Leave a Reply