Pelatihan penyelesaian perselisihan hubungan industrial

 

Pelatihan penyelesaian perselisihan hubungan industrial

 

IMG-20151007-WA0007

 

Acara Kegiatan Pelatihan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Tahun 2015 diadakan Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok, yang diadakan tanggal 7 – 8 Oktober 2015. Diikuti oleh 50 orang unsur Apindo. Hubungan Industrial merupakan hubngan antara para pihak dalam proses produksi barang dan jasa. Dalam Hubungan Industrial ini. Para pihak mempunyai kepentingan yang berbeda, sehingga berpotensi untuk timblnya suatu perbeaan pendapat bahkan terjadinya perselisihan para pihak dalam hubungan industrial.

Hubungan Industrial merupakan tata kehidupan dan perilaku dalam pergaulan di lingkungan kerja. Hungan industrial merupakan suatu system hubungan yang terbentuk antara para pelaku dalam proses produksi barang dan jasa, yang didasarkan pada nilai – nilai yang berkembang dalam masyarakat dan dimanifestasikan dalam lingkungan kerja. Konsituten dalam hubungan industrial bukan hanya pekerja / organisasi pekerja dan atau gabungan organisasi pekerja, pengusaha dan atau organisasi pengusaha, pemerintah tetapi dengan diundangkannya UU No 21 Tahun 2003 tentang tenaga kerjaan UU NO. 2 Tahun 2004, memungkinkan konstituen dalam hubngan industrial adalah semua pihak yang terlibat dalam proses produksi barang dan jasa diantaranya masyarakat dan lembaga sarana hubungan industry lainnya.

Pembinaan hubungan industrial di perusahaan diarahkan untuk menumbuh kembangkan hubungan yang harmonis diatara para pelaku proses produksi barang dan jasa terhadap hubungan yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan. Pembinaan hubungan industrial diarahkan kepada pembangunan nasional dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur dan merata baik materiel maupun spiritual.

Untuk maksud diatas perlu pemahaman penyamaan persepsi dan informasi kepada peserta pelatihan mengenai tata cara penyelesian Perselisihan Hubungan Industrial dan penyelesaian perselisihan diluar pengadilan agar terciptanya hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan.

IMG-20151007-WA0011 IMG-20151007-WA0010 IMG-20151007-WA0009 IMG-20151007-WA0008

Leave a comment