Pengurangan Pekerja Anak dalam Rangka Mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH)

Pengurangan Pekerja Anak dalam Rangka Mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH)

IMG-20150617-WA0007

 

Acara pengurangan pekerja anak dalam rangka mendukung program keluarga harapa (PPA – PKH) Tahun 2015 diadakan di Hotel Bumi Wiyata Kota Depok dibuka oleh Walikota Depok, Dr.Ir. H. Nurmahmudi Ismail, yang diadakan selama 28 hari. Dengan jumlah peserta 90 (Sembilan Puluh) anak usia 13 s/d 17 tahun, anak putus sekolah dari SD, MI dan SMP berasal dari rumah tangga sangat miskin (RTSM), pendamping anak sebanyak 10 (sepuluh) orang.

Anak sebagai generasi penerus bangsa harus diberikan kesempatan untuk tumbuh kembang secara optimal baik fisik, mental, sosial maupun intelektualnya. Anak merupakan bentuk investasi yang menjadi indicator keberhasilan suatu bangsa dalam melaksanakan pembangunan. Keberhasilan pembangunan anak akan menentukan kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang, serta merupakan generasi yang akan menjadi penerus bangsa sehingga mereka harus dipersiapkan dan diarahkan sejak dini agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat jasmani dan rohani, maju, mandiri dan sejahtera menjadi sumber daya yang berkualitas dan dapat menghadapi tantangan di masa datang.

Pengurangan pekerja anak dalam rangka mendukung program keluarga harapan (PPA – PKH), merupakan salah satu upaya dari Kementrian Tenaga Kerja yang mengkhususkan pada pengurangan pekerja anak utamanya yang bekerja pada bentuk pekerjaan terburuk untuk anak (BPTA) dan pekerja anak yang putus sekolah dari rumah tangga sangat miskin (RTSM).

Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak – haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat.

Penanganan pekerja anak harus melibatkan semua sector. Semua sector dapat bersinergi sehingga kegiatan ini bias terlaksana dengan baik.

Diharapkan setelah diadakan pembinaan jangan sampai putus sekolah lagi. Mudah – mudahan semua yang dibina bias menyelesaikan sampai tamat dari SD, SMP dan SMA. Program ini kami harapkan terus berlanjut sampai tidak ada lagi anak yang tidak bersekolah.

IMG-20150617-WA0006IMG-20150617-WA0003 IMG-20150617-WA0004 IMG-20150617-WA0002

Leave a comment