TAGANA KOTA DEPOK MERAYAKAN MILAD YANG KE 12

TAGANA KOTA DEPOK MERAYAKAN MILAD YANG KE   12

IMG-20160324-WA0007

 

Sejak pembentukannya di Lembang Jawa Barat oleh perwakilan dari 33 provinsi, kemudian dideklarasikan di hadapan Dirjen Bantuan Sosial mewakili Menteri Sosial RI, menyatakan bahwa ;

Pada Hari ini, Rabu, 24 Maret 2004 di Lembang Jawa Barat, dideklarasikan berdirinya sebuah organisasi yang bergerak di bidang penanggulangan bencana alam dan bencana sosial” yang bernama : TARUNA SIAGA BENCANA (TAGANA).

TAGANA yang latar belakang pembentukannya dilandasi lahirnya Undang-Undang No.22 tahun 1999 dan perubahan sebagaimana mandat konstitusi, dimana Departemen Sosial tidak lagi memiliki Kanwil dan Kandep Sosial di masing-masing provinsi, bergesernya peran para Pekerja Sosial Kecamatan (PSK) dan pupusnya perhatian Tenaga Penanggulangan Bencana yang sudah berpengalaman, seperti; Tim Reaksi Cepat (TRC), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tim Penanggulangan Bencana di masing-masing Kantor wilayah.

Sementara fenomena bencana alam yang makin kompleks dan luasnya jangkuan wilayah Negara Indonesia serta kesadaran masyarakat terhadap bencana, menuntut terbentuknya tenaga terlatih bidang kebencanaan dari kalangan muda yang disebut : Taruna Siaga Bencana (TAGANA) yang cikal bakalnya sebagian berasal dari anggota Karang Taruna dan pemerhati bencana.

Pemikiran cerdas yang di tunjang anggaran APBN, Kementerian Sosial terus melakukan perekrutan personil di masing-masing provinsi.  Organisasi relawan yang memiliki seragam biru-biru dan coklat ini, adalah insan sosial yang memiliki pemahaman yang sama tentang konsep penanggulangan bencana berbasis masyarakat, baik pada posisi prabencana, tanggap darurat maupun pascabencana.

Selain itu, untuk tetap bisa menggelorakan pengabdian setiap tahunnya, dilakukan Jambore dengan berbagi varian lomba yang menghadirkan utusan dari 33 provinsi se-Indonesia.  Dalam perkembangan kemudian di masing-masing Dinas Sosial Provinsi/Kab/Kota melalui anggaran APBD melaksanakan pelatihan TAGANA di wilayahnya dengan motto, One Command, One Rule dan One Corps.

Kehadiran TAGANA di persada Nusantara merupakan sebuah kekuatan relawan yang dimiliki Kementerian Sosial RI untuk menjadikan mereka sebagai tenaga siap pakai dan diharapkan mampu mengurangi resiko bencana, dengan membangun kesiapsiagaan di masing-masing provinsi/lokasi bencana serta membangun ketahanan masyarakat dan kelembagaan pada masa krisis dan memulihkan dampak bencana secara fisik maupun psikologis.

Di awal pembentukan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) oleh para dekralator utusan 33 provinsi didukung dengan pertemuan dan pemantapan dari Para Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial (Banjamsos)  telah merumuskan tujuan luhur dari terbentuknya TAGANA di persada Nusantara.

Ditandaskan, kehadiran TAGANA untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana, membangun partisipasi dan kemitraan dari berbagai pihak, mendorong semangat kegotongroyongan, kesetiakawanan dan kedermawanan serta menciptakan perdamaian dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Sekedar kilas balik dalam pembentukan TAGANA di Lembang-Jawa Barat, masih teringat instruksi Bapak Andi Hanindito kepada para peserta bahwa hari ini, kami baru bisa memberikan baju kaos berwarna putih, untuk digunakan sementara, sembari beliau bersama timnya terus berfikir melengkapi seluruh perangkat TAGANA mulai dari ujung kaki sampai ujung rambut, termasuk kendaraan operasional yang dapat dipergunakan oleh TAGANA bilamana terjadi kondisi kebencanaan.

Melalui Momen Ini Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok bersama Anggota Tagana Kota Depok dengan rasa sayukur yang mendalam berharap tetap menjadi Taruna yang bisa menjadi penolong bagi yang terkena  Bencana karena TAGANA kota Depok adalah mitra terdepan bagi Pemerintah Khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok dalam memberikan Bantuan dan Pertolongan pada korban Bencana.

HUT ke 12 kali ini di hadiri oleh Bpk Assisten Ekbangsos Kota Depok, Kepala Bidang Sosial Dinas Tenaga Kerja  Dan Sosial Kota Depok, Kepala Seksi Binsos dan Anggota Tagana yang ada Di Kota Depok.

 

 

IMG-20160324-WA0008 IMG-20160324-WA0007 IMG-20160324-WA0006 IMG-20160324-WA0007

Leave a comment